Dua pria tewas, Belgia tingkatkan kesiagaan

Written By Unknown on Sabtu, 17 Januari 2015 | 12.22

Aparat Belgia meningkatkan tingkat kesiagaan ke level tiga.

Belgia sedang dalam kondisi siaga tinggi setelah sebuah operasi antiteror menewaskan dua tersangka milisi.

Para tersangka ditembak mati di Kota Verviers, di bagian timur Belgia, setelah mereka menembaki aparat polisi dengan senjata otomatis Kamis (15/01) sore.

Pihak berwenang mengatakan bahwa kedua tersangka baru kembali dari Suriah dan sedang merencanakan serangan terhadap polisi. Satu tersangka lagi terluka dan lalu ditangkap.

Operasi penggeledahan juga dilaksanakan malam itu di daerah Brussels.

Setelah operasi hari Kamis di Verviers, jaksa penuntut Eric Van Der Sypt mengatakan bahwa tingkat ancaman teror telah dinaikkan ke level tiga.

Berbicara mengenai operasi penyerbuan tersebut, Van Der Sypt mengatakan, "Para tersangka langsung mulai menembak dengan persenjataan militer dan pistol selama beberapa menit sebelum mereka dinetralkan."

Pihak berwenang mengatakan bahwa aparat polisi ditembaki dari sebuah apartemen di atas toko roti. Ditemukan empat senapan Kalashnikov, alat-alat pembuat bom dan pakaian seragam polisi di lokasi tersebut, menurut media setempat. Aparat keamanan tetap disiagakan di sekitar Verviers.

Operasi anti-teror juga dilakukan Kamis (15/01) malam di ibu kota Brussels dan sekitarnya, termasuk Kota Sint-Jans-Molenbeek, Anderlecht dan Schaerbeek.

Sebanyak 300 orang bertolak dari Belgia dan bergabung dengan kelompok militan di Suriah dan Irak.

Sebelumnya pada hari itu, dua tersangka ditangkap di Zaventem, pinggiran kota Brussels, sebagaimana dilaporkan media Belgia.

Menurut pihak berwenang di Belgia, lebih dari 300 orang dari sana telah bergabung dengan kelompok militan di Suriah dan Irak.

Jurnalis asal Belgia Mark Eeckhaut mengatakan kepada BBC bahwa para tersangka di Verviers merencakan serangan terhadap kantor polisi yang akan menewaskan sejumlah korban.

Saksi mata melaporkan mendengar baku tembak selama beberapa menit dan setidaknya tiga ledakan.

Perdana Menteri Belgia, Charles Michel, mengatakan bahwa operasi keamanan tersebut "menunjukkan keseriusan pemerintah untuk melawan mereka yang menyebar teror", menurut juru bicaranya.

Verviers terletak di Provinsi Liege, dekat perbatasan Jerman, dan memiliki populasi sekitar 56.000 orang.

Kejadian ini terjadi sepekan setelah serangan di Prancis yang menewaskan 17 orang. Media Belgia melaporkan bahwa beberapa senjata yang digunakan pada serangan tersebut dibeli di Brussels.

Namun, Mr Van Der Sypt mengatakan bahwa senjata yang ditemukan tidak berhubungan dengan serangan di Prancis.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua pria tewas, Belgia tingkatkan kesiagaan

Dengan url

http://olahragasehatku.blogspot.com/2015/01/dua-pria-tewas-belgia-tingkatkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua pria tewas, Belgia tingkatkan kesiagaan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua pria tewas, Belgia tingkatkan kesiagaan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger