Kedigdayaan Bernie Ecclestone dipertaruhkan

Written By Unknown on Sabtu, 09 November 2013 | 12.22

Bernie Ecclestone

Ecclestone mengatakan banyak orang marah karena ia selalu menguasai F 1.

Kasus hukum yang dihadapi bos Formula 1 Bernie Ecclestone terancam menggoyahkan posisi kedigdayaannya di ajang balap paling bergensi di dunia.

Penulis Formula 1 BBC, Andrew Benson, mengatakan kasus hukum yang dihadapi Ecclestone pekan ini di London dan bahkan mungkin kasus lebih serius di Muenchen awal tahun depan, mengancam kedudukan Ecclestone sebagai pucuk pimpinan Formula 1.

Di Pengadilan Tinggi London, Ecclestone didakwa meneken "kesepakatan korup" dengan seorang bankir delapan tahun lalu guna memfasilitasi penjualan kelompok Formula 1 ke seorang pembeli pilihannya.

Sebuah perusahaan Jerman kalah bersaing sebagai akibat kesepakatan itu.

Oleh karena itu perusahaan tersebut memperkarakan Ecclestone di pengadilan.

"Bila ia kalah di pengadilan, dan dinyatakan bersalah melakukan korupsi dan atau menerima suap, sulit membayangkan ia dapat tetap menjalankan perannya," kata Andrew Benson.

Gabungan tim

Namun di belakang layar dunia balap, dia telah membuat namanya kokoh selama 40 tahun terakhir. Dia adalah sosok yang mempunyai cengkeraman kuat atas Formula 1.

Sosok berusia 83 tahun itu mengontrol semua aspek komersial di olahraga otomotif.

Ecclestone

Ecclestone membantah menandatangani kesepakatan korup.

Menurut Benson, kini tiba waktunya bagi perubahan politik di Formula 1 dan Ecclestone menggunakan ketidakpastian untuk memperkuat posisinya.

Selama lebih dari 20 tahun terakhir, Formula 1 dijalankan oleh gabungan tim, Pemegang Hak Komersial (CRH) dan Federasi Olahraga Otomotif (FIA). CRH di bawah komando Bernie Ecclestone bertugas mendatangkan uang dan FIA menetapkan peraturan dengan masukan dari tim-tim balap dan CRH.

Aspek komersial F1

"Tetapi perubahan kecil yang terjadi selama beberapa bulan terakhir berhasil mengubah perimbangan kekuasaan secara dramatis yang secara signifikan memperlemah posisi FIA di bawah presiden Jean Todt dan memperkuat posisi Ecclestone," jelas penulis BBC masalah Formula 1, Andrew Benson.

Seorang sumber menyebut Todt telah "melelang kemampuan FIA membuat peraturan".

Proses tersebut sejatinya juga menafikan hak-hak tim-tim kecil dan memusatkan pengaruh di tangan beberapa pihak yang kaya raya.

Hal ini terjadi, kata Benson, karena Todt menginginkan dana lebih besar dari Ecclestone dalam upaya menerapkan rencana-rencana Todt merombak sejumlah aspek FIA.

Bos Formula 1 enggan memenuhi permintaan Todt. Mereka akhirnya mengambil jalan tengah dengan memungut biaya lebih besar dari tim-tim yang terjun di Formula 1.

Tahun lalu Bernie Ecclestone menegaskan Klik dia tidak berniat untuk mundur sebagai bos Formula 1.

Ecclestone telah mengontrol semua aspek komersial di olahraga otomotif ini selama lebih dari 30 tahun.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kedigdayaan Bernie Ecclestone dipertaruhkan

Dengan url

http://olahragasehatku.blogspot.com/2013/11/kedigdayaan-bernie-ecclestone.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kedigdayaan Bernie Ecclestone dipertaruhkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kedigdayaan Bernie Ecclestone dipertaruhkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger