Tokyo sambut pengumuman tuan rumah Olimpiade

Written By Unknown on Senin, 09 September 2013 | 12.22

Perayaan Tokyo

Juru tawar Tokyo berpose merakyakan kemenangan di Buenos Aires.

Pengumuman Tokyo sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2020 disambut meriah di Jepang, setelah dibacakan oleh presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Jacques Rogge lewat tengah malam Sabtu (07/09) di Buenos Aires, Argentina.

Tokyo akan menjadi satu-satunya negara di Asia yang dua kali menjadi tuan rumah perhelatan olahraga akbar sedunia ini, yakni tahun 1964 dan 2020.

Rogge - yang akan pensiun setelah 12 tahun memimpin IOC - mengumumkan kemenangan Tokyo dalam seleksi ketat menghadapi Madrid dan Istanbul, disambut dengan anggota delegasi Tokyo yang meloncat dari kursi mereka merayakan kemenangan serta melambaikan bendera Jepang.

Sebagian nampak emosional dan terisak menangis meluapkan perasaan bahagia dan bangga setelah dua tahun bekerja keras mengkampanyekan ibu kota Jepang itu sebagai penyelenggara olimpiade.

"Saya ingin berterimakasih pada semua yang turut mengkampanyekan olimpiade ini dan kami akan jadi tuan rumah yang hebat," kata Perdana Menteri Shinzo Abe menyampaikan kegembiraan.

Sementara pimpinan tim lobi, Tsunekazu Takeda menambahkan "Sangat luar biasa Tokyo terpilih. Hal pertama yang saya akan lakukan begitu kembali adalah berterimakasih kepada seluruh masyarakat Jepang."

Kantor Berita Associated Press menulis di seluruh penjuru Jepang aksi selebrasi juga dilakukan warga.

"Sangat luar biasa Tokyo terpilih. Hal pertama yang saya akan lakukan begitu kembali adalah berterimakasih kepada seluruh masyarakat Jepang"

Lebih dari 1.200 pegawai kota praja Tokyo serta atlet Olimpiade berkumpul di kantor Kamar Dagang dan Industri Tokyo sambil menyerukan kata "banzai" - slogan yang seriung diucapkan warga setempat untuk merayakan kemenangan besar - saat Tokyo diumumkan terpilih, Minggu dini hari waktu Jepang.

Ribuan warga Tokyo juga berkumpul di Stadion Olimpiade Komazawa, yang menjadi lokasi laga sepakbola saat Tokyo jadi tuan rumah olimpiade 1964. Mereka juga kegirangan mendengar pengumuman tersebut.

"Jepang adalah tempat yang sangat aman, banyak lokasi tujuan wisata. Kami bangsa yang sangat ramah," kata Atsushi Takahashi, warga Tokyo berusia 36 tahun.

Warga meneriakkan "Tokyo, Tokyo" berkali-kali sebagi bentuk selebrasi dan keriaan pasca pengumuman.

"Masih ada beberapa kekhawatiran tetapi saya yakin dalam tujuh tahun, Jepang akan kembali jadi negara yang permai jadi silakan datang ke Jepang, Anda semua," kata warga lainnya, Noriyuki Nozawa.

Walikota London - yang baru tahun lalu Klik jadi tuan rumah olimpiade - Boris Johnson mengirim "selamat sebesar-besarnya pada Tokyo yang mendapat kehormatan menyelenggarakan ajang olahraga terbesar sejagad".

"Saya yakin seperti juga London, kota Anda yang hebat akan menyelenggarakan acara yang luar biasa. Saat ini adalah momen istimewa untuk dirakayan sebelum bekerja keras pada tahun-tahun selanjutnya."

Selain tuan rumah Olimpiade, perhelatan yang juga jadi ajang rebutan berbagai negara adalah lomba sepakbola Piala Dunia.

Sejumlah negara besar pernah menjadi tuan rumah acara ini, dan bahkan Klik negara kecil seperti Qatar pun tak ketinggalan ingin mencoba.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tokyo sambut pengumuman tuan rumah Olimpiade

Dengan url

http://olahragasehatku.blogspot.com/2013/09/tokyo-sambut-pengumuman-tuan-rumah_9.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tokyo sambut pengumuman tuan rumah Olimpiade

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tokyo sambut pengumuman tuan rumah Olimpiade

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger