Penonton rusuh, pertandingan Senegal dengan Pantai Gading terhenti

Written By Unknown on Senin, 15 Oktober 2012 | 12.22

senegal_pantai_gading

Polisi Senegal harus mengawal pemain Pantai Gading keluar stadion.

Pertandingan kualifikasi Piala Afrika yang mempertemukan Senegal dengan Pantai Gading harus diakhiri sebelum waktunya akibat aksi pendukung tuan rumah Senegal yang melakukan kerusuhan di dalam Stadion.

Sejumlah pendukung tuang rumah mulai melakukan aksi pembakaran di dalam stadion saat tim jagoan mereka tertinggal 0-2 dari Pantai Gading.

Hasil ini memang menentukan maju tidaknya Senegal ke putaran final Piala Afrika, kalah dalam pertandingan tersebut berarti mereka harus tersisih.

Sejumlah pendukung Pantai Gading yang ada di dalam stadion juga terpaksa menyingkir ke dalam lapangan ketika kondisi mulai memburuk.

Polisi yang mengamankan pertandingan itu harus menembakan gas air mata ke arah tribun penonton tuan rumah sebelum berhasil mengevakuasi pemain dan anggota tim Pantai Gading dari lokasi pertandingan yang berada di Stadion Leopold Sedar Senghor, Dakar.

Laporan mengatakan setidaknya sepuluh orang mengalami luka-luka akibat peristiwa itu termasuk Menteri Olahraga Senegal, Hadji Malick Gakou.

Kekesalan penonton tuan rumah pecah dan berujung pada aksi perusakan sesaat setelah pemain depan Pantai Gading, Didier Drogba melesakan gol kedua bagi timnya di menit ke-75.

Hasil ini sementara membuat mereka unggul aggregat 6-2 dari dua pertandingan yang telah dijalani oleh kedua kesebelasan.

"Makanan, minuman dan semua yang bisa mereka lempar, mereka lempar ke lapangan dari segala arah," kata seorang pelajar AS di Dakar, Chris Fuglestad kepada BBC.

"Sejumlah penonton juga melakukan aksi pembakaran, mulai dari sampah hingga bendera yang mereka bawa."

"Namun kami merasa lebih aman di dalam stadion daripada di luar, jadi kami menunggu di dalam. Ketika kami meninggalkan stadion kondisi sudah mulai mereda meskipun masih terasa efek gas air mata," tambahnya.

"Makanan, minuman dan semua yang bisa mereka lempar, mereka lempar ke lapangan dari segala arah,"

Pertandingan itu sendiri akhirnya memang tidak dilanjutkan oleh panitia penyelenggara setempat.

"Setelah sempat ditunda selama 40 menit, kami akhirnya memutuskan menghentikan pertandingan," kata seorang petugas penyelenggara pertandingan seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) sejauh ini belum mengeluarkan komentar apapun terkait insiden yang terjadi pada pertandingan tersebut.

Namun seorang pejabat di lingkungan sepakbola Senegal mengatakan tim mereka kemungkinan akan terkena sanksi dari CAF.

Pertandingan ini juga diikuti oleh pemain Pantai Gading yang memperkuat juara Liga Primer Inggris Manchester City, Yaya dan Kolo Toure.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh City kedua pemain berada dalam kondisi selamat pasca terjadinya insiden tersebut.

"Kedua pemain City, Yaya dan Kolo Toure berada dalam kondisi selamat setelah pertandingan yang mempertemukan Senegal dengan pantai Gading di Dakar terhenti akibat aksi penonton yang berulah."


Anda sedang membaca artikel tentang

Penonton rusuh, pertandingan Senegal dengan Pantai Gading terhenti

Dengan url

http://olahragasehatku.blogspot.com/2012/10/penonton-rusuh-pertandingan-senegal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penonton rusuh, pertandingan Senegal dengan Pantai Gading terhenti

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penonton rusuh, pertandingan Senegal dengan Pantai Gading terhenti

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger