Marin Cilic juarai AS Terbuka

Written By Unknown on Selasa, 09 September 2014 | 12.22

cilic

Marin Cilic menjuarai turnamen Grand Slam untuk kali pertama.

Petenis Kroasia, Marin Cilic, memenangi Grand Slam pertama setelah menundukkan Kei Nishikori dalam partai pamungkas turnamen Amerika Serikat Terbuka di New York.

Cilic, yang tampil prima dengan membukukan 17 ace, menyudahi perlawanan Nishikori 6-3, 6-3, 6-3.

Catatan itu membuktikan bahwa performa Cilic stabil dalam turnamen AS Terbuka tahun ini mengingat dia telah menumbangkan Tomas Berdych pada babak perempat final dan Roger Federer pada semifinal melalui pertandingan tiga set.

"Saya tidak tahu bagaimana saya melakukannya. Selama beberapa tahun saya telah bekerja keras, terutama tahun lalu. Tim saya telah memgeluarkan sesuatu dari dalam diri saya, khususnya Goran (Ivanisevic).

"Kami semua bekerja sangat keras, tapi yang paling penting dia membuat saya menikmati tenis. Saya pikir saya telah memainkan pertandingan tenis terbaik dalam hidup saya," kata Cilic.

Di sisi lain, Nishikori tampil antiklimaks. Meski telah melibas unggulan ketiga Stan Wawrinka pada babak perempat final dan mengalahkan petenis tunggal putra nomor satu dunia, Novak Djokovic, pada semifinal, petenis Jepang itu tidak bisa keluar dari dikte permainan Cilic.

  • Cilic, yang kini berada pada peringkat 16 daftar petenis tunggal putra dunia, merupakan petenis dengan peringkat terendah yang mampu menjuarai AS Terbuka sejak Pete Sampras (peringkat 17) pada 2002.
  • Cilic merupakan juara turnamen Grand Slam dengan peringkat terendah sejak Gaston Gaudio (44) pada turnamen Prancis Terbuka 2004.
  • Final antara Cilic dan Nishikori ialah final AS Terbuka pertama yang mempertemukan dua petenis yang sama-sama belum pernah mencapai final Grand Slam sejak Pat Rafter bertemu Gred Rusedski pada final AS Terbuka 1997.
  • Sebelum Cilic dan Nishikori berhadapan, terakhir kali final turnamen Grand Slam mempertemukan dua finalis debutan ialah ketika Rafael Nadal berhadapan dengan Mariano Puerta pada Prancis Terbuka 2005.

Sokongan dari sejumlah warga Jepang di Stadion Arthur Ashe pun tidak mampu mendongkrak performa Nishikori.

"Dia (Cilic) bermain sangat baik hari ini. Saya tidak bisa memainkan gaya tenis saya. Ini adalah kekalahan yang berat, namun saya sangat bahagia bisa berlaga pada final pertama," ujar Nishikori.

Baik Nishikori maupun Cilic sama-sama Klik belum pernah lolos ke final sebuah Grand Slam.

Namun, meski kalah, Nishikori menyejajarkan namanya dengan Ichiya Kumagae, Klik petenis Jepang pertama yang mencapai babak semifinal AS Terbuka pada 1918 lampau.

Nishikori dilatih bekas juara Prancis Terbuka, Michael Chang, Adapun Cilic dilatih mantan juara Wimbledon yang juga warga Kroasia, Goran Ivanisevic.


Anda sedang membaca artikel tentang

Marin Cilic juarai AS Terbuka

Dengan url

http://olahragasehatku.blogspot.com/2014/09/marin-cilic-juarai-as-terbuka.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Marin Cilic juarai AS Terbuka

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Marin Cilic juarai AS Terbuka

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger