Uruguay dan kisah sukses Piala Dunia 1950

Written By Unknown on Minggu, 15 Juni 2014 | 12.23

Kapten Uruguay, Varela (kanan) sebelum laga final melawan Brasil di Piala Dunia 1950.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez mengatakan, pihaknya lebih mementingkan kesiapan laga melawan Kosta Rika dalam laga pembukaan Grup D, Minggu (15/05) dini hari nanti di Fortaleza, ketimbang membicarakan kisah sukses Uruguay di Piala Dunia 1950.

Tabarez menegaskan hal ini ketika wartawan menanyakan sejauhmana peristiwa kemenangan Uruguay atas Brasil di final Piala Dunia 1950 yang digelar di Stadion Maracana, Brasil, menginspirasi timnya.

"Kami datang untuk bertanding di Piala Dunia. Kemenangan Uruguay di Piala Dunia 1950 itu kini tinggal menjadi cerita menyenangkan bagi rakyat Uruguay. Tapi itu tidak berdampak pada tim kami sekarang," kata Tabarez, yang berhasil membawa Uruguay masuk semi final di Piala Dunia 2010 lalu.

Di partai final Piala Dunia 1950, Uruguay mengalahkan tuan rumah Brasil 2-1, yang saat itu sebetulnya jauh lebih diunggulkan ketimbang tim tamunya.

Sempat unggul 1-0, Brasil akhirnya kebobolan dua gol di babak kedua, yang membuat impian rakyat Brasil itu buyar seketika.

Tragedi 1950

Juan Alberto Schiaffino merobek gawang Brasil yang dijaga Barbosa, sebelas menit menjelang bubar, sekaligus mengabadikan laga itu menjadi tragedi yang sulit dilupakan raktat Brasil -- sampai sekarang.

Penggila sepak bola Uruguay tidak dapat melupakan kisah sukses mereka di Piala Dunia 1950.

Menurut Tabarez, saat ini yang lebih penting adalah bagaimana lolos dari babak penyisihan, ketimbang menuruti kecenderungan media yang gemar mengaitkan kiprah timnya dengan sejarah masa lalu.

"Media selalu mengungkap lagi kisah sukses itu, dan bukan membahas kesiapan teknis kami," kata Tabarez dalam jumpa pers, Jumat (13/06) waktu setempat.

"Sekarang, bagaimana kami harus berhasil melewati babak penyisihan ini, di mana kami harus melewati Inggris, Kosta Rika dan Italia," kata Tabarez yang dijuluki "El Maestro".

Tanpa Suarez?

Tabarez, yang memegang jabatan pelatih timnas Uruguay sejak 2006, mengatakan, Kosta Rika bukanlah tim yang gampang dikalahkan.

"Mereka (Kosta Rika) adalah tim yang bermain cepat dan memiliki kemampuan teknik yang tinggi. Kami harus bekerja keras untuk meredam gaya permainan mereka," katanya.

Luis Suarez belum tentu diturunkan melawan Kosta Rika, kata Tabarez.

Ditanya tentang sebelas pemain yang akan diturunkan lawan Kosta Rika, Tabarez mengatakan: "Jika kondisinya fit, kami akan menurunkan Muslera (kiper) , Maxi, Lugano, Godín, Cáceres, Stuani, Arévalo, Gargano, Cebolla, Forlán and Cavani".

Mengapa tidak ada nama Luis Suarez? Tanya wartawan. "Saya tidak tahu apakah kami bisa memainkan Suarez saat melawan Kosta Rika," katanya seraya menambahkan, bahwa ujung tombak Liverpool itu tengah menjalani proses penyembuhan dari cedera kakinya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Uruguay dan kisah sukses Piala Dunia 1950

Dengan url

http://olahragasehatku.blogspot.com/2014/06/uruguay-dan-kisah-sukses-piala-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Uruguay dan kisah sukses Piala Dunia 1950

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Uruguay dan kisah sukses Piala Dunia 1950

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger