Menuju musim balap F1 tahun 2013

Written By Unknown on Sabtu, 29 Desember 2012 | 12.22

Balapan Formula 1

Musim balap 2012 diwarnai dengan tujuh pembalap yang meraih juara tujuh Grand Prix pertama.

Di penghujung tahun ini, tim-tim Formula 1 sudah mulai bekerja untuk menyiapkan mobilnya yang mulai akan bermunculan pada akhir Januari.

Masa uji coba akan berlangsung awal Februari dan balapan pertama, seperti biasa, digelar di Australia pada 17 Maret 2013.

Tak banyak perubahan dalam peraturan sehingga tak banyak pula peluang untuk menemukan celah-celah guna mendapatkan keunggulan.

Musim balap 2012 bisa dikatakan salah satu yang paling menarik dengan tujuh pembalap meraih juara di tujuh Grand Prix pertama dan Sebastian Vettel meraih juara dengan hanya selisih tiga angka dari Fernando Alonso.

Kita lihat sekilas kondisi tim-tim utama Klik Formula Satu dalam menghadapi musim 2013.

Red Bull

Setelah tiga kali berturut-turut meraih juara untuk pembalap dan tim dengan komposisi pembalap yang sama, jelas Red Bull merupakan tim yang terkuat.

Dalam musim 2012, Sebastian Vettel berhasil mengejar dari ketinggalan 40 angka dari Fernando Alonso untuk meraih juara 2012.

Sebastian Vettel

Apakah Vettel bisa menyamai rekor Schumacher dengan meraih lima juara berturut-turut?

Kepala tim perancang Red Bull, Adrian Newey sudah mengatakan sedikitnya perubahan dalam peraturan membuat amat sulit untuk menemukan keunggulan teknis. Jika ada, jelas Newey akan bisa menemukannya.

Dan Vettel jelas akan berupaya untuk menambah catatan juaranya sebagai orang kedua yang bisa meraih lima juara berturut-turut setelah rekan senegaranya, Michael Schumacher.

Bagaimanapun kenyataan bahwa sepanjang sejarah F1 baru Schumacher yang pernah meraihnya menjadi petunjuk tidak mudah Klik bagi Vettel untuk menyamainya.

Ferrari

Bagi Ferrari, pertanyaan yang akan dibawa ke tahun 2013 adalah apakah mereka akhirnya bisa mengembangkan mobil yang handal?

Setelah masa jaya Ferrari bersama Schumacher, tampaknya mereka lebih banyak mengandalkan Klik pada kemampuan dan bakat Alonso.

Mobil Ferrari pada musim 2012 sebenarnya sudah cukup baik, namun jelas masih di bawah mobil Red Bull atau McLaren.

Dan di penghujung musim balap, sepertinya terlihat rasa frustasi Alonso yang tidak bisa tidak mempengaruhi juga hubungannya dengan tim.

Alonso nyaris meraih juara 2012 dan 2013 -walau dengan mengenderai mobil yang relatif tidak sebaik mobil tim utama lain- dan pada balapan akhir Vettel yang merebutnya.

Pembalap Spanyol ini terikat kontrak dengan Ferrari hingga tahun 2016 namun jika musim mendatang Ferrari masih tetap berjuang, mungkin akan makin membuat hubungan Alonso dengan tim memburuk.

McLaren

Klik Bagaimana McLaren bertahan tanpa Lewis Hamilton? Inilah pertanyaan utama bagi tim asal Inggris ini.

Lewis Hamilton

Lewis Hamilton mungkin tidak mengincar juara F1 namun menang di beberapa GP.

Secara statisik mungkin tidak akan berdampat besar karena Jenson Button sebenarnya meraih angka lebih banyak dari Hamilton dalam tiga balapan terakhir.

Namun Hamilton tampaknya memiliki daya saing yang tinggi namun di beberapa balapan ketidakhandalan McLaren membuat Hamilton kehilangan peluang merebut juara di tiga GP.

Masih ada lagi yang bisa disebut 'nasib sial' bertabrakan dengan beberapa pembalap lain yang bisa dikatakan bukan karena kesalahan Hamilton.

Salah satu kemungkinan bagi McLaren adalah Button kini lebih leluasa dan Sergio Perez -yang menggantikan Hamilton- mampu untuk masuk di barisan papan atas pembalap.

Tentu kemungkinan itu didasarkan pada asumsi McLaren memiliki kualitas mobil yang sama atau lebih baik.

Mercedes

Klik Kehadiran Lewis Hamilton jelas membuat Mercedes jadi lebih bersemangat namun mereka tetap perlu meningkatkan penampilan mobilnya.

Hamilton secara terbuka sudah menurunkan harapan dan menjelaskan bahwa dia menyadari masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Bagaimanapun secara pribadi, walau tidak berharap merebut juara 2013, dia yakin bisa menang di beberapa balapan.

Tapi apakah dia bisa mengatasinya jika gagal meraih juara di satu atau beberapa GP? Apakah gaji US$31 juta akan membuat dia tetap bersedia menerima kenyataan bahwa mereka sedang dalam proses 'pekerjaan masih belum selesai.'

Atau dia mungkin mengulang lagi seperti di McLaren, menjadi angin-anginan dan kemudian mundur.

Tim Lotus

Penampilan Lotus dalam musim 2012 bisa disebut sebagai keberhasilan.

Masih ada lagi peluang persaingan antara Hamilton dengan Nico Rosberg -yang merupakan pembalap kedua Mercedes namun belakangan tampil baik.

Lotus

Penampilan Lotus dalam musim 2012 jelas merupakan cerita keberhasilan. Setelah masa-masa yang sulit, mobil mereka cepat dan Kimi Raikkonen memanfaatkannya dengan baik.

Namun beberapa pihak di dalam tim berpendapat mereka mestinya bisa meraih lebih banyak juara GP jika mantan pembalap mereka, Alonso, yang berada di dalam ruang kemudi.

Raikkonen sendiri memperlihatkan konsistensi walau ada anggapan dia mestinya bisa tampil lebih baik pada balapan-balapan awal musim 2012.

Sedangkan penampilan Romain Grosjean yang cukup baik masih diwarnai dengan beberapa kesalahan.

Untuk 2013, jelas sudah ada modal dasar bagi Lotus dan jika mobil musim 2012 dikembangkan dengan lebih baik maka akan mendukung konsistensi Raikkonen dan jika Grosjean mengurangi kesalahan maka Lotus bisa menjadi salah satu tim saingan.

Tim-tim lain

Sauber dilihat sebagai tim yang memilki mobil yang baik pada tahun 2012 walau masih perlu dimaksimalkan oleh para pembalapnya.

Sementara Klik pembalap asal Finlandia, Valtteri Bottas -yang menggantikan Bruno Senna di Tim Williams- harus membawa kemampuannya sebagai pembalap uji coba ke balapan yang sebenarnya.

Di Toro Rosso, baik Daniel Ricciardo dan Jean-Eric Vergne perlu menunjukkan kepada tim senior, Red Bull, bahwa keduanya bisa disipakan sebagai pembalap masa depan.

Dua tim yang sudah bergabung dalam empat musik terakhir, Caterham dan Marussia akan berjuang untuk memperkecil jurang pencapaian mereka dengan tim-tim di papan tengah.

Jadi balapan untuk musim 2013 akan tetap menarik.


Anda sedang membaca artikel tentang

Menuju musim balap F1 tahun 2013

Dengan url

http://olahragasehatku.blogspot.com/2012/12/menuju-musim-balap-f1-tahun-2013.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menuju musim balap F1 tahun 2013

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menuju musim balap F1 tahun 2013

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger