Gelar Armstrong tidak akan dialihkan

Written By Unknown on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 12.22

Lance Armstrong

Lance Armstrong juga diwajibkan mengembalikan uang hadiah Tour de France.

Tujuh gelar Tour de France yang dicopot dari Lance Armstrong tidak akan dialihkan, demikian pernyataan badan balap sepeda dunia, UCI.

"Komite manajemen memutuskan untuk tidak mengalihkan gelar kemenangan ini ke pembalap sepeda lainnya,'' demikian pernyataan UCI.

Lance Armstrong sebelumnya menjadi jawara dengan merebut jaket kuning karena selalu memimpin perlombaan dari tahun 1999 - 2005, pembalap pertama yang bisa melakukan hal tersebut.

Tetapi semua gelar tersebut dicopot akibat skandal doping yang disebut UCI sebagai ''skandal doping tersukses dalam sejarah olahraga.''

Pengumuman UCI menyatakan ''awan kecurigaan masih akan terus menggantung di periode gelap ini - tetapi meski ini mungkin terlihat keras bagi mereka yang membalap dengan bersih, mereka akan memahami ada kebanggaan kecil yang bisa dicapai dari realokasi.''

Badan ini juga memerintahkan Armstrong dan yang lainnya untuk mengembalikan semua hadiah uang dari periode kemenangan yang dicapai, dan melakukan penyelidikan independen dalam skandal Armstrong.

Armstrong, 41, dan timnya United States Postal Service oleh badan anti doping AS, USADA disebut melakukan ''program doping tercanggih, profesional dan tersukses dalam sejarah olahraga.''

Dalam laporan setebal 1.000 halaman tersebut juga disebutkan bahwa Armstrong membayar UCI sebesar US$100.000 untuk memerangi anti doping.

Floyd Landis, mantan rekan Armstrong yang sekarang mengakui menggunakan doping, mengatakan bahwa uang tersebut merupakan sogokan untuk menutup tes positif yang didapat Armstrong saat dia memenangkan lomba di Swiss tahun 2001.

UCI mengakui menerima uang dari Armstrong di tahun 2002, tetapi mengatakan pada 2010 bahwa itu bukan bagian dari upaya menutupi.

Skandal korupsi pada era 'Armstrong' ini menimbulkan desakan agar para pemimpin badan balap sepeda internasional, UCI, mengundurkan diri.

Juara tiga kali Tour de France, Greg LeMond, dalam surat terbuka di halaman Facebook dengan menyebut mereka 'bagian yang korup dalam olahraga'.

Dalam pesan itu LeMond juga meminta agar semua orang yang peduli dengan balap sepeda bergabung dengannya untuk meminta Presiden UCI, Pat McQuaid, dan Presiden Kehormatan, Hein Verbruggen, mengundurkan diri.

LeMond, yang merupakan pembalap non-Eropa pertama yang meraih gelar juara di Tour de France- menambahkan bahwa masalah balap sepeda bukan obat terlarang namun korupsi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Gelar Armstrong tidak akan dialihkan

Dengan url

http://olahragasehatku.blogspot.com/2012/10/gelar-armstrong-tidak-akan-dialihkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gelar Armstrong tidak akan dialihkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gelar Armstrong tidak akan dialihkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger